Tempat Tumbuh tanaman Anggrek berdasar Jenisnya

Tempat Tumbuh Anggrek - Berdasarkan habitat atau tempat tumbuhnya, anggrek dibedakan menjadi lima jenis.


tempat tumbuh anggrek, juragan kacep


1. Anggrek epifit


yakni anggrek yang tumbuh menumpang pada tanaman lain tanpa merugikan tanaman yang ditumpangi (tanaman inang). Anggrek epifit membutuhkan naungan dari cahaya matahari. Di habitat aslinya, anggrek ini kerap menempel di pohon-pohon besar dan rindang, Contoh anggrek epifit antara lain Dendrobium, Cattleya, Oncidium, dan Phalaenopsis.


2. Anggrek semi-epifit


Seperti anggrek epifit, anggrek ini juga tumbuh menumpang pada tanaman lain. Hanya, pada anggrek semi-epifit, selain menempel pada media, sistem akarnya juga menggantung sebagai akar udara.Contoh anggrek semi-epifit antara lain Brassavol, Epidendrum, dan Laelia.


3. Anggrek terestrial


yakni anggrek yang tumbuh di atas permukaan tanah. Angrek jenis ini membutuhkan cahaya matahari penuh atau cahaya matahari langsung, Contoh anggrek terestrial antara lain Vanda, Renanthera, Arachnis, dan Aranthera.


4. Anggrek litofit


 yakni anggrek yang tumbuh pada batu-batuan. Anggrek jenis ini umumnya tumbuh di bawah sengatan cahaya matahari penuh. Contoh anggrek litofit antara lain Dendrobium dan Phalaenopsis.


5. Anggrek saprofit


yakni anggrek yang tumbuh pada media yang mengandung humus atau daun-daun kering, Anggrek saprofit dalam pertumbuhannya membutuhkan sedikit cahaya matahari. Contoh anggrek saprofit adalah Goodyera sp.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel